OBROLIN PANGAN 17: KELEMBAGAAN PANGAN, SAMPAI DIMANA?

Karut marut soal pangan masih saja terus terjadi, termasuk pada masa pandemic ini. Terbaru adalah rencana impor beras yang akan dilakukan pemerintah. Impor ini diumumkan menjelang panen raya.

Persoalan data pangan yang tidak akurat tidak hanya memunculkan perdebatan dan silang pendapat. Namun lebih jauh dapat menyebabkan kesesatan dalam pengambilan kebijakan, program dan solusi atas persoalan produksi, distribusi, harga pangan dan konsumsi. Kejadian kisruh pangan yang berulang ini merupakan indikasi tentang lemahnya tata kelola pangan nasional.

Penguatan tata kelola pangan tentu saja bukan perkara mudah sebab diperlukan pembenahan menyeluruh dengan mempertimbangkan hulu hilir. Dalam pandangan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) penyelesaian persoalan pangan yang ada saat ini dapat diselesaikan dengan adanya kelembagaan pangan yang menerapkan tata kelola pangan yang baik.

KRKP bersama Tani Center IPB berkolaborasi mengadakan Obrolin Pangan 17: Kelembagaan Pangan Nasional, Sampai Dimana? Diskusi multistakeholder diperlukan menghimpun gagasan dari para pihak terkait kelembagaan pangan ini. Gagasan-gagasan yang ada kemudian bisa menjadi masukan penting bagi pemerintah pusat dan daerah dalam pembentukan kelembagaan pangan baik nasional maupun daerah

Tanggal Kegiatan :

2021-04-08

Jam Kegiatan :

09:00:00

Lokasi :

-

Event Lainnya